Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Pembelajaran daring menuntut guru lebih kreatif dalam menerangkan pelajaran. Karena itu, salah satu SD di Surabaya memggelar pembelajaran tematik tentang persatuan dan kerukunan bangsa. Pembelajaran ini dilakukan langsung secara daring di Rumah Pahlawan Nasional Hos Tjokroaminoto.

Beginilah pola pembelajaran daring yang dilakukan guru kelas 6 dari salah satu sd di surabaya. Dengan berpakaian ala pejuang, didukung lokasi belajar di Rumah Pahlawan Nasional Hos Tjokroaminoto, pembelajaran tematik tema 2/ sub tema 1 tentang persatuan dan kerukunan bangsa dalam perbedaan, dilaksanakan. Unik dan menarik. Namun, pembelajaran bisa dengan lebih mudah diserap oleh siswa.

Ahmad Naf’an,salah satu pengajar SD mengatakan, pembelajaran tema ini biasanya dilakukan melalui study tour. Namun, karena masa pandemi, pembelajaran thema dialihkan ke daring dengan pemilihan lokasi seolah-olah, siswa mengikuti study tour ke museum sejarah. Dengan begitu, pembelajaran bisa lebih mudah dipahami dan tidak jenuh walaupun belajar dari rumah saja.

Pemilihan rumah Hos Tjokroaminoto, cukup beralasan. Sebab, disinilah lahir para pejuang termasuk Bapak Proklamator Kemerdekaan RI, Soekarno, yang pernah indekos di Rumah Hos Tjokroaminoto. Diharapkan, melalui pembelajaran ini, siswa bisa semakin mencintai sejarah kemerdekaan Indonesia. (agung/stv)