Banyuwangi, (bisnissurabaya.com) – Kabar gembira bagi para traveler. Penerbangan dari Bandara Banyuwangi ke Bandara Ngurah Rai, Denpasar akan dibuka lagi. Rencananya Agustus ini. Penerbangan akan dilayani jenis pesawat ATR, berkapasitas 74-78 orang. Rencana pembukaan penerbangan Banyuwangi-Denpasar dibenarkan Executive General Manager Angkasa Pura II Bandara Banyuwangi, Cin Asmoro, Kamis (13/8) siang. Penerbangan dijadwalkan pukul 08.00 WIB dari Bandara Banyuwangi dan pukul 12.00 Wita dari Bandara Ngurah Rai.

“Untuk jadwal penerbangan perdana, kami masih koordinasi dengan maskapai Citilink yang akan melayani rute. Yang jelas, bulan ini akan resmi dibuka lagi,” kata Cin Asmoro. Meski masa pandemi Covid-19, kata Cin Asmoro, pihaknya optimis trafik penumpang ke Bali dan sebaliknya akan membaik. Apalagi, jam penerbangan dari Bali dibuat agak siang. Sehingga, turis dari Bali bisa bergerak ke Banyuwangi. Rute penerbangan Banyuwangi-Denpasar ini pernah dilayani maskapai Garuda Indonesia sekitar 2014.

Namun, tak bertahan lama. Berhenti akibat sepi penumpang. Menurut Chin Asmoro, kondisi itu menjadi pengalaman untuk peningkatan layanan di Bandara Banyuwangi. Untuk memastikan kesehatan calon penumpang, pihaknya memberlakukan protokol kesehatan yang ketat bagi para personel pengelola bandara. Ditambahkan, sejak Juni-Juli trafik penumpang Bandara Banyuwangi ke Jakarta dan Surabaya mulai membaik.

Ketika awal pandemi Covid-19, jumlah penumpang dari Bandara Banyuwangi anjlok. Namun, sejak awal Agustus, terjadi kenaikan slot utilization sekitar 30 persen hingga 43 persen dengan route BWX-CGK dan BWX-SUB. Khususnya, rute Banyuwangi-Jakarta. “Kalau rute Surabaya, masih minim akibat zona merah di Surabaya,” pungkasnya. (wir)