Banyuwangi, (bisnissurabaya.com) – Inovasi jajaran Polsekta Muncar, Polresta Banyuwangi ini layak dicontoh. Meringankan beban para siswa kurang mampu di pinggiran Pantai Satelit, Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar, polisi memberikan layanan internet gratis, Rabu (12/8) pagi. Layanan ini diberikan melalui kunjungan keliling anggota Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) bersama Bintara Pembina Desa (Babinsa).

Menggunakan motor dinas Babinkamtimas, polisi mendatangi kawasan kampung nelayan. Lalu, memberikan woro-woro ada layanan internet gratis. Para siswa yang harus mengerjakan tugas online langsung mendekat. Mereka duduk rapi setelah mendapatkan layanan internet gratis. Tugas sekolah pun dikerjakan dengan mudah.

“Orang tua kami hanya nelayan. Kadang dapat ikan, kadang juga tidak. Sedangkan sekolah harus pakai online. Internet dari pak polisi ini sangat membantu kami,” kata Dinda, siswa kelas 5 yang ikut menikmati internet gratis.

Layanan internet gratis diberikan setiap hari, saat jam sekolah. Tak hanya siswa SD, siswa SMP hingga SMA juga ikut menikmati. Di sela layanan internet, polisi juga memberikan imbauan menjaga protokol kesehatan pandemic Covid-19.

Kapolsekta Muncar Kompol Zaenuri mengatakan layanan internet ini tindak lanjut dari program Semeru Tangguh Kapolda Jatim dan Polresta Banyuwangi. “Tujuannya, memberikan layanan internet gratis untuk mendukung belajar mengajar siswa di daerah yang minim internet,” jelasnya.

Internet gratis ini, kata dia, juga melibatkan komunitas internet Banyuwangi. Selain internet gratis, pihaknya juga menggelar jimpitan Rp 1000. Hasil jimpitan diberikan waga terdampak Covid. Pihaknya berharap, inovasi ini bisa membantu dan meringankan beban warga kurang mampu akibat pandemi Covid.

Sementara itu, Ketua Komunitas Internet Banyuwangi, Kimin, mengaku di musim pandemi, pihaknya bersama Polsekta Muncar menyasar daerah yang minim internet untuk membantu proses belajar siswa. “Kami sudah menyasar sedikitnya lima desa. Ini akan terus ditambah,” jelasnya. (wir)