Banyuwangi, (bisnissurabaya.com) – Menyambut HUT Kemerdekaan RI, nelayan di Pesisir Muncar, Kabupaten Banyuwangi mendapat kado bendera merah putih, Rabu (12/8) siang. Kado ini diberikan jajaran Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polresta Banyuwangi. Sebanyak 75 bendera dibagikan kepada nelayan, lalu dipasangkan di perahu masing-masing. Selain bendera, dibagikan juga masker dan pelampung.

Kasatpolair Polresta Banyuwangi Kompol Sudarsono mengatakan pembagian bendera sebagai dukungan nasionalisme kepada nelayan. “ Jumlah 75 buah sebagai simbol kemerdekaan ke-75,” kata perwira menengah ini.
Ditambahkan, pembagian bendera adalah tradisi rutin setiap Agustusan. Nelayan, kata Sudarsono sebagai mitra Satpolair diharapkan ikut memeriahkan perayaan HUT Kemerdekaan di perahu masing-masing. Termasuk, menghias perahu dengan pernak pernik merah putih. “ Kami juga bagikan masker untuk protokol kesehatan selama pandemic Covid,” imbuhnya. Di sela pembagian bendera, pihaknya juga memberikan imbauan keselamatan pelayaran. Salah satunya, memberikan arahan agar nelayan menggunakan jaket pelampung ketika melaut. Karena itu, pihaknya juga membagikan jaket pelampung kepada kalangan nelayan kurang mampu. “ Ada juga pembagian sembako bagi nelayan terdampak Covid-19,” tegas Sudarsono.

Pembagian bendera merah putih, lanjutnya, akan menyasar seluruh pusat kegiatan nelayan di Banyuwangi. Menurut Sudarsono, Banyuwangi yang berbatasan dengan laut Jawa, Selat Bali dan Samudera Indonesia memiliki kantung-kantung nelayan yang cukup banyak. “ Kalau pusat nelayan terbesar di pesisir Muncar. Karena itu, kita awali pembagian bendera dari sini,” pungkasnya. (wir)