Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Pandemi covid-19 yang sudah men-dunia tak menghalangi kampus di Surabaya menggelar wisuda secara daring. Uniknya, daring ini, prosesi wisuda sendiri menggunakan game minecraft yang populer dengan susunan balok bertema survival. Pandemi covid-19 yang sudah men-dunia tak menghalangi bagi institusi teknik sepuluh november Surabaya menggelar wisuda secara daring. Uniknya, daring ini, prosesi wisuda sendiri menggunakan game minecraft yang populer dengan susunan balok bertema survival. Acara wisuda tersebut menjadi viral karena cuitan dari akun twiter salah seorang mahasiswa ITS tersebut.

Minecraft merupakan sebuah jenis permainan virtual merancang balok-balok. Rancangan balok tersebut, mulai dari bangunan graha, tempat wisuda balok orang yang menjadi peserta wisuda lengkap dengan toga birunya. Pengoperasian minecraft ini dilakukan secara langsung komunikasi antar pemain yang bergabung di proses wisuda minecraft its dilakukan melalui sistem. Sementara itu, zoom digunakan untuk menerima video feed dari OBS virtual camera yang ditransmisikan dari server minecraft ITS.

Dosen Departemen Teknik Informatika, Hadziq Fabroyir, mengatakan, ide awal ini, bermula dari seringnya para mahasiswa informatika its yang bermain game minecraft. Sehingga, saat Rektor ITS menugaskan dalam wisuda secara daring ini, harus ada yang lebih mengesankan untuk mengobati wisudawan yang tertunda wisudanya. (agung/stv)