Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Kain handuk bekas, biasanya hanya menjadi sampah. Karena sudah kusut dan lusuh. Di tangan bocah kreatif ini, handuk bekas tersebut bisa dikreasi menjadi aquarium dan vas bunga cantik bernilai jual tinggi. Kerajinan handuk bekas ini dijual dan hasilnya disumbangkan kepada warga yang kurang mampu.

Kain handuk bekas yang seharusnya menjadi sampah, di tangan bocah kreatif ini, disulap menjadi aneka kerajinan cantik, yang bernilai jual tinggi.  Seperti aquarium dan aneka vas bunga hias, tempat lampu dan  guci cuci tangan. Adigana Ram Suprawira, siswa kreatif kelas 5 SD Kandangan II Benowo Surabaya ini, setiap hari bergelut dengan semen dan handuk bekas untuk membuat aneka kerajinan tangan.

Sebab  selama masa pandemi virus corona-19 ini, waktunya banyak dihabiskan di rumah karena sekolah dilakukan via daring. Salah satu kerajinan bocah ini diantaranya, membuat vas bunga cantik dari handuk bekas. Caranya cukup mudah. Kain handuk dibasahi dengan air lalu dicampur dengan larutan semen hingga merata.

Setelah  itu, diangkat kemudian diletakkan di atas pipa hingga membentuk corak vas bunga. Agar lebih bagus dan cantik, kain handuk yang sudah mengeras tersebut dicat sesuai dengan selera. Hasil karya Adigana sudah mencapai dua ratus lebih kerajinan handuk bekas. Mulai vas bunga meja pot bunga bonsai, aquarium dan tempat untuk cuci tangan.

Positifnya, hasil aneka kerajinan  bocah ini dijual dan hasilnya disumbangkan, kepada warga yang kurang mampu. Guru Koordinator Kegiatan Eco School SDN Kandangan II Surabaya, Tutut Yulia, mengatakan, Adigana, tergolong anak yang kreatif. Dari kreasinya membuat kerajinan handuk bekas tersebut ia pernah mewakili sekolahnya mengikuti lomba.

Untuk mensuport Adigana, terkadang disuplay bahan baku handuk bekas dari sekolah. (farid/stv)