Gresik, (bisnissurabaya.com) – Pemberantasan narkhoba menjadi tugas semua pihak. Karena itu, Badan Narkotika Nasional/BNN Gresik menggandeng lembaga swadaya masyarakat/LSM Partisipasi Akar Rumput/PiAR yang konsern terhadap pemberantasan narkhoba. Karena itu, Kepala BNN Gresik, Supriyadi., SH., melakukan audiensi dengan PiAR di Gresik Senin (3/8) kemarin.

Supriyadi, menyampaikan, kondisi pandemi corona saat ini, banyak kegiatan yang sifatnya banyak melibatkan orang dilarang. Namun, tidak mengurangi BNN Gresik memerangi narkhoba. Dari sisi pencegahan, kata dia, BNN sudah banyak melakukan upaya-upaya preventif yang melibatkan masyarakat maupun unsur- unsur terkait.

Termasuk lembaga lain yang peduli terhadap program BNN Gresik, seperti PiAR. Sementara, Direktur PiAR, Mas’ud Hakim, M.Si., menyampaikan, ada program yang kita miliki dan bisa disinergikan dengan BNN Gresik. Yaitu, pemberdayaan yang mana memiliki kegiatan atas keterlibatan masyarakat dalam pencegahan bahaya narkoba.

Disamping itu, kata dia, PiAR juga memiliki program advokasi hukum bagi masyarakat yang membutuhkan. Dalam audensi BNN Gresik dan PiAR, Supriyadi didampingi Kasubag Tata Usaha BNN Gresik, Diaz Prananta. Dalam audiensi, Kepala BNN Gresik, Supriyadi, menyampaikan BNN memiliki program pemberdayaan, pencegahan, pemberantasan dan rehabilitasi.

‘’Dalam kegiatannya diharapkan peran serta masyarakat dalam membantu pencagahan bahaya narkhoba,’’ kata Supriyadi. BNN juga memiliki program unggulan Desa Bersih Narkhoba yang dikenal dengan sebutan Desa Bersinar. Tujuannya, memberikan informasi kepada masyarakat tentang bahaya narkhoba, juga mencegah peredaran narkhoba di desa.

‘’Kita harus pro aktif mendukung BNN dalam mensosialisasikan program Desa Bersinar karena sangat membantu dalam fungsi pencegahan dan mempersempit ruang beredarnya narkhoba di masyarakat dan menyelamatkan generasi muda dari penggunaan narkoba,’’ timpal Mas’ud, yang didampingi Herlambang dan Rosy Yulianti.

PiAR, kata dia, juga meendorong BNN agar melakukan upaya lewat KPU. Yaitu, komitmen calon bakal kepala daerah terhadap pencegahan peredaran narkhoba di Gresik. (bw)