Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Selama pandemi covid-19 ini, para siswa mengikuti pembelajaran melalui online atau metode daring. Namun, tidak semua orang tua bisa menfasilitiasi anaknya jaringan internet atau kuota yang cukup. Karena itu, pengurus RT di Jalan Sidotopo Wetan Mulia Surabaya membagi-bagikan kuota pulsa internet secara gratis kepada siswa di kampung tersebut, agar bisa belajar daring. Bagi kuota internet ini dalam rangka memperingati hari anak nasional. Pengurus RT Kampung Sidotopo Wetan Mulia 1 Surabaya mempunyai cara sendiri untuk memperingati Hari Anak Nasional.

Bukan menggelar upacara atau lomba untuk anak-anak, melainkan pengurus membagi-bagikan kuota pulsa internet kepada anak-anak di perkampungan padat penduduk tersebut. Tokoh Masyarakat, Djainuri, mengatakan, kuota internet yang dibagikan antara 5 hingga 10 giga bite.

Bagi-bagi kuota internet kepada anak-anak ini bukan tanpa alasan. Pengurus kampung merasa prihatin dengan nasib anak-anak yang setiap hari melakukan proses belajar melalui online atau dalam jaringan (daring). Namun, tidak semua anak-anak bisa dengan lancar belajar daring karena terkendala kuota yang habis dan tidak bisa membeli atau jaringan internetnya yang lambat. Selain itu, tak sedikit anak-anak yang memilih ke warung kopi untuk memanfaatkan wifi yang tersedia. Padahal, di warkop biasanya ramai pengunjung dan rawan penularan covid-19. Hal inilah yang membuat pengurus RT tersebut membagikan kuota gratis kepada anak-anak.

Pembagian kuota internet ini juga dilakukan secara door to door ke rumah warga yang memiliki anak sekolah tingkat SD hingga SMA. Diharapkan, pembagian kuota internet yang rencananya digelar sebulan tiga kali ini bisa membantu anak-anak dalam belajar daring. (irwanda/stv)