Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Jika mendengar daun kelor, pasti dibenak kita yang muncul adalah hal yang berbau mistis. Namun, di tangan seorang bocah SD N Kali Kedinding 1 Surabaya ini, daun kelor bisa menjadi teh dan kue kering.

Inilah rumah seorang bocah SD N Kali Kedinding 1 Surabaya, yang gemar melakukan penghijauan di rumahnya. Dia adalah Pertiwi Eka Putri Handayani. Gadis cilik yang baru berumur 12 tahun ini berhasil menanam berbagai jenis tumbuhan di pekarangan yang sempit di halaman rumahnya. Pertiwi, mengisi harinya dengan menanam berbagai jenis tumbuhan. Dan yang paling favorit adalah tumbuhan kelor. Pertiwi, sudah berhasil menanam seribu tanaman kelor dan dibagikan kepada seluruh tetangga hingga temannya di sekolah. Pertiwi menilai, tumbuhan kelor mengandung berbagai vitamin. Khususnya vitamin C. Bahkan, pada tanaman ini mengandung zat besi, kalsium dan magnesium.

Namun, di tangan bocah ini, tanaman kelor dibuat menjadi teh seduh. Bahkan, dirinya mampu membuat kue kering hingga bolu kukus dan nugget. Untuk membuat teh kelor, dibuat dari daun yang telah dikeringkan. Lalu, dimasukkan kedalam tempat teh seduh. Kemudian dibuat seperti halnya membuat teh biasa. Sementara, untuk membuat kue kering, Pertiwi menggunakan bahan kue, seperti tepung, margarin, dan yang terpenting adalah serbuk daun kelor. Semua bahan tersebut dicampur, diaduk menjadi satu dan digoreng yang akhirnya jadi lah kue kering yang siap saji. Tips untuk menanam kelor sebenarnya seperti pada umumnya. Namun, untuk pertumbuhan lebih bagus, bisa menyiram tanaman kelor dengan menggunakan air leri bekas cucian beras. Karena air leri bisa menambah zat klorofil pada daun kelor. Bahkan, nutrisi pada daun kelor juga akan bertambah.
(stady/stv)