Banyuwangi, (bisnissurabaya.com) – Serangkaian perayaan Idul Adha, investor tambang emas Gunung Tumpangpitu, Pesanggaran, Banyuwangi, PT Bumi Suksesindo (BSI) menyumbangkan sedikitnya 72 ekor ternak. Dari jumlah ini, 25 ekor sapi. Sisanya, kambing. Penyerahan ternak kurban dilakukan secara simbolis di Masjid Baitul Makmur Silirbaru, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kamis (30/7).

Yang menarik, puluhan ternak ini juga hasil gotong royong dari sejumlah kontraktor yang beroperasi di pertambangan emas Tumpangpitu dan koperasi di sekitar tambang. “Bantuan ini kami berikan melalui pengurus masjid dan musala yang ada di sekitar perusahaan Ring 1 Pesanggaran,” kata Senior Manager External Affairs PT BSI, Sudarmono usai penyerahan ternak kurban.

Menurut dia, bantuan kurban ini merupakan agenda tahunan perusahaan. Jumlah ternak kurban, lanjut dia, bertambah dari tahun ke tahun. Pemberian bantuan ini, lanjutnya, bertepatan dengan kondisi masyarakat yang kurang baik akibat pandemi Covid-19. Pihaknya berharap bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat dalam menghadapi pandemi.

Sudarmono menambahkan, terkait pencegahan Covid-19, pihaknya sudah mengeluarkan bantuan lebih dari Rp 3 miliar. Bentuknya, ventilator, alat rapid test, masker, baju hazmat, pengadaan tempat cuci tangan, hingga bantuan paket sembako. Pihaknya, masih melanjutkan pengadaan tempat cuci tangan dan pembagian masker di sekolah-sekolah di Kecamatan Pesanggaran.

“Ini untuk menyambut apabila pemerintah akhirnya memutuskan sekolah aktif kembali,” kata Sudarmono. Penanggulangan Covid-19 juga diterapkan di lingkungan kerja tambang. Seluruh kegiatan operasi senantiasa menerapkan protokol kesehatan dan keselamatan kerja yang ketat. Mulai, memeriksa suhu dan disinfektan setiap pengunjung, melakukan tes swab PCR dan karantina bagi karyawan dari luar Banyuwangi.

Lalu, pmeriksaan suhu tubuh setiap hari, mewajibkan pemakaian masker, menyemprotkan disinfektan secara rutin, menerapkan jarak fisik, hingga menutup kunjungan dalam jumlah besar ke lokasi tambang. (wir)