Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Fenomena bersepeda di tengah pandemi menjadi alternatif bagi masyarakat, menjaga gaya hidup sehat. Seperti emak-emak di kawasan Rungkut Mapan Surabaya, bersepeda santai sambil sosialisasi protokoler kesehatan. Mereka keliling kampung mensosialisasikan pentingnya pencegahan covid- 19 dengan mengenakan masker, jaga jarak dan rajin mencuci tangan. Mereka juga melakukan pemberdayaan UMKM warga.

Diawali dengan senam sehat dari covid-19, emak-emak di kawasan Rungkut Mapan Barat VIII Surabaya ini melakukan sosialisasi sambil bersepeda santai akan pentingnya menerapkan protokoler kesehatan, untuk mencegah penyebaran virus corona di perkampungan. Sebelum gowes, mereka memeriksakan kesehatannya terlebih dahulu, dengan menyediakan alat pengukur tekanan darah. Mereka bersepeda berkeliling kampung, sambil menyapa warga yang tidak mengenakan masker untuk diberi masker, meskipun sedang berbelanja pada tukang sayur keliling di depan rumahnya. Selain itu, emak-emak di kampung tangguh Rungkut Mapan Barat ini, juga melakukan pemberdayaan ekonomi warga, dengan memesan makanan kepada warga yang menggeluti dunia usaha.

Seperti kuliner dan usaha makanan ringan agar warga dapat membeli makanan tanpa harus keluar rumah. Seorang Warga Rungkut Mapan Barat VIII, Nur Aini, berharap dengan sosialisasi protokoler kesehatan yang dilakukan emak-emak ini, bisa terus mengingatkan warga setempat untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan rajin cuci tangan. Sehingga bisa memutus mata rantai penyebaran covid-19. (irwanda/stv)