Surabaya, (bisnissurabaya.com) –  Dahsyatnya kekuatan yang timbul saat keadaan kepepet/terjepit. Itulah yang dirasakan oleh Ervin Triana, Cheff yang bekerja di Hotel Santika Pandegiling Surabaya.

Saat pandemi Covid-19 melanda Surabaya, beberapa hotel mengalami penurunan okupansi. Bahkan, ada yang memilih berhenti operasional, termasuk tempat dia bekerja.

Keadaan ini memaksa perempuan yang sudah bekerja 22 tahun ini untuk banting setir usaha lain. Hal ini didukung dengan kebijakan managemen yang hanya mewajibkan dia hanya masuk 8 hari kerja dalam sebulan.

“Saya memutuskan usaha jualan masakan secara online sesuai keahlian saya selama ini, dan produk andalan saya adalah ayam ireng bumbu kluwek,” kata Cheff Ervin Triana, kepada bisnissurabaya.com di Surabaya Jumat (24/7) pagi.

Ayam Ireng bumbu kluwek, ayam rempah, dan ayam kelamud (kelapa muda), adalah menu masakan yang dilahirkan Ervin dalam masa sulit pandemi. Semuanya hasil otak-atik dan padu-padan resep saat membunuh waktu senggang yang dijalani alumni diploma Satya Widya ini.

“Bumbu dasar merah, hitam, putih, dan kuning saya kombinasikan menjadi suatu resep masakan,” jelas perempuan kelahiran Malang ini.

Masakan ayam ireng bumbu kluwek ini langsung mendapat tanggapan yang positif, saat diluncurkan di pasaran. Makanan berbahan dasar ayam open yang dipadu dengan bumbu kluwek dan rempah-rempah lain, menimbulkan sensasi tersendiri, di lidah. Seperti, ayam dengan taste rasa rawon. Apalagi, ditambah dengan pelengkap serundeng, sambal, minyak ayam, serta garnis berupa irisan kol, tomat, dan ketimun.

“Harga yang saya patok sangat terjangkau, untuk ayam negeri Rp 65.000, sedangkan ayam kampung pejantan hanya Rp 80.000,” jelas warga Jambangan ini.

Produk ayam ini di pasarkan di media sosial facebook dan instagram melalui akun Rvinkitchen. Banyak pembeli yang melakukan repeat order setelah melakukan pembelian. Hal ini dikarenakan Ervin, mampu memanjakan pelanggannya, dengan memenuhi permintaan khusus. Seperti penambahan rasa pedas dan permintaan lain.

“Saya juga menjual bebek oven dan produk sambal dalam kemasan,” tambah perempuan manis ini.

Ervin, berharap agar pandemi Covid-19 segera berakhir. Sehingga dunia perhotelan kembali menggeliat. Dia dan teman-temannya bisa kembali bekerja seperti sedia kala. (nanang)