Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Kampung Tangguh Semeru yang diinisiasi Kapolda Jatim sangat membantu memutus penyebaran covid-19. Seperti di wilayah Sidotopo Wetan yang berhasil menyembuhkan 10 warga kampungnya dengan gotong royong semua warga untuk menyuplai kebutuhan pokok saat isolasi mandiri.

Seperti inilah Kampung Tangguh di wilayah Sidotopo Wetan Surabaya. Penjagaan ketat saat akan diberlakukan untuk memfilter orang yang akan masuk kampung. Rumah isolasi, juga disiapkan untuk orang yang terinfeksi covid-19. Dari data yang dihimpun kampung tangguh, sudah ada 12 warga sembuh.

Diantaranya, dua orang dilakukan isolasi di Asrama Haji dan sepuluh lainnya melakukan isolasi mandiri. Semuanya dinyatakan sembuh dari covid-19 setelah dilakukan SWAB sebanyak dua kali. Ketua Posko Kampung Tangguh Semeru Sidotopo Wetan Indah RW 11, Djainuri, menjelaskan, jika keberhasilan tersebut tidak lepas dari masyarakat yang saling bantu saat ada yang melakukan isolasi mandiri.

Bahkan, kata dia, dengan adanya kampung tangguh ini masyarakat diwajibkan memakai masker saat keluar rumah, jaga jarak dan menyediakan tempat cuci tangan di depan rumah. Dengan adanya 12 pasien sembuh, Sidotopo Wetan membantu Kecamatan Kenjeran untuk menuju zona hijau.

Namun, masyarakat tetap menaati protokol kesehatan agar bisa bersama-sama memutus mata rantai covid-19 di wilayahnya. Berdasarkan data pasien sembuh per tanggal 21 Juli, ada tambahan 105 orang dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang. Hingga keseluruhan total pasien sembuh dari covid-19 berjumlah 4.389 pasien. (irwanda/stv)