Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Berolahraga selain badan sehat juga dapat mencegah penyakit dan meningkatkan imun. Karena itu, tak berlebihan ketika vaksin corona belum ditemukan, olahraga sepeda gowes saat Minggu pagi diyakini sebagai obat mujarab menangkal virus corona. Tentunya, tetap menerapkan protocol kesehatan dengan ketat. Seperti mencuci tangan dengan sabun menggunakan air mengalir, memakai masker dan menjaga jarak.

Gowes, di pagi hari merupakan hobi tersendiri bagi masyarakat Surabaya. Terutama saat Hari Minggu. Banyak warga baik perorangan maupun secara kelompok sejak subuh mulai memadati jalan raya. Baik yang menuju tengah kota maupun yang pinggiran kota.

Salah satunya, kelompok gowes Tim Kompos Karangan RW 01 Kelurahan Sawunggaling Surabaya, sejak beberapa minggu ini aktif melakukan memancal sepeda bersama. Rute yang ditempuh tak tanggung-tanggung. Peng-gowes Tim Kompos melawati rute sejauh 40 kilometer, diantaranya jalan Karangan – TVRI – Taman Makam Pahlawan Mayjen Sungkono – kampus Unesa Lidah – Citraland – Wiyung menuju Pondok Maritim. ‘’Sambil gowes juga dimanfaatkan menyambangi teman sesama pensiunan yang rumahnya di Pondok Maritim.

Ini untuk menyambung talisilaturahmi,’’ kata Ketua Tim Kompos, Abah Salamun, kepada bisnissurabaya.com, Minggu (19/7) kemarin. Yang menarik, setelah melakukan silahturahmi, ternyata Bu Tutik, pemilik rumah di Pondok Maritim minta sekalian untuk melihat tanaman hidroponik yang dikelola ibu-ibu PKK di Perumahan Pondok Maritim Kelurahan Balas Kelumprik. Setelah melihat tanaman hidroponik yang membuat decak kagum ini, kemudian Tim Kompos memutuskan untuk melanjutkan gowes dengan melewati Jalan Kebraon – Mastrip – Gunung Sari – kembali ke Jalan Karangan. Menurut Abah, kegiatan gowes bareng yang dimotori Tim Kompos ini akan dilakukan setiap Minggu pagi dengan rute yang berbeda-beda. ‘’Untuk Minggu depan kita ambil kearah Timur, sambil mencari sarapan pagi penyetan ikan Patin,’’ ujar Abah. (bw)