Surabaya, (bisnissurabaya.com)
Berbagai cara dalam menumbuhkan kesadaran siswa sejak usia dini untuk melaksanakan ibadah secara mandiri. Salah satunya dengan memberikan apresiasi khusus bagi siswa yang rajin melaksanakan shalat malam atau tahajud. Seperti yang dilakukan, salah satu sekolah dasar/SD di Surabaya. Meskipun masih duduk di kelas dua dan beranjak naik ke kelas tiga, namun, bocah ini tidak pernah absen bangun tengah malam untuk melaksanakan shalat tahajud. Ritual ibadah tengah malam ini, dilakukannya tiap hari atas kesadarannya sendiri. Salah seorang Guru, Hidayatun, mengatakan, atas konstitensinya ini, sekolahannya memberikan piagam penghargaan kepada siswa tersebut, dengan mendatanginya langsung di kediamannya sebagai apresiasi khusus bagi para siswa yang rajin melaksanakan shalat tahajud setiap hari. “Reward diberikan berupa perlengkapan sekolah dan sertifikat penghargaan,
sehingga dapat memberikan motivasi bagi siswa lainnya untuk melakukan hal yang sama dalam menjalankan ibadah tengah malam secara rutin,” kata Hidayatun, kepada bisnissurabaya.com di Surabaya Jumat (10/7).

Sementara itu, untuk tolak ukur dan pemantauan bagi siswa yang rajin sholat tahajud ini, dilakukan langsung oleh orang tua siswa dengan menggunakan aplikasi Gen-Q atau generasi Qur’ani. Selain itu, para guru tiap hari juga memantau dan menilai siswanya lewat aplikasi tersebut untuk mengetahui seberapa rajinnya siswa didiknya untuk melaksanakan shalat tahajut tiap hari. (agung/stv)