Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Dianggap peduli terhadap pencegahan penularan corona, Surabaya TV meraih penghargaan yang diberikan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID). Selain Surabaya TV, sejumlah lembaga penyiaran televisi dan radio yang selama ini menyebarkan informasi kepada masyarakat melalui kanal-kanal public juga mendapat penghargaan. Sedangkan dari radio ada RRI Surabaya, Suara Surabaya, Gen FM Surabaya, Elshinta FM Surabaya, Suara Muslim Surabaya, Mercury FM Surabaya, Smart FM Surabaya, DJ FM Surabaya, Pass FM Surabaya, dan Sindo Trijaya FM Surabaya.

Selain itu, ada juga Asosiasi Lembaga Penyiaran Publik Lokal/LPPL Radio Jatim dan Pengurus Daerah Persatuan Rasio Siaran Swasta Nasional Indonesia/PRSSNI Jatim. Ketua KPID Jatim, Ahmad Afif Amrullah, mengatakan, sejak awal pandemi terjadi di Indonesia, KPI Pusat segera mengeluarkan surat edaran yang ditindaklanjuti oleh seluruh KPID di Indonesia. Dengan demikian, berbagai macam upaya pencegahan dan sosialisasi mengenal penyebaran Covid 19 bisa diketahui oleh masyarakat. “KPID Jatim sendiri segera berkoordinasi dengan seluruh lembaga penyiaran televisi dan radio yang ada di Jawa Timur melalui jaringan komunikasi dalam jaringan.

Alhamdulillah…., semuanya saling peduli dan saling membantu untuk mendukung Pemerintah Daerah melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat melalui iklan layanan masyarakat dan berbagai program siaran lainnya,” kata Ahmad Afif Amrullah, di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya Kamis (9/7) kemarin. Untuk itulah, lanjut Afif, KPID Jatim perlu memberikan apresiasi khusus kepada sejumlah lembaga penyiaran yang dinilai maksimal berpartisipasi melaksanakan Surat Edaran KPI Pusat Nomor 156/K/KPI/31 2/03/2020 tentang Peran Serta Lembaga Penyiaran dalam Penanggulangan Persebaran Wabah Corona. “Prinsipnya kami mengapresiasi semua lembaga penyiaran di Jawa Timur yang sudah sangat luar biasa berperan dalam sosialisasi dan edukasi pencegahan Covid-19. Dan berdasarkan hasil monitoring tim KPID Jatim, TV dan radio tersebut yang kami lihat layak untuk mendapatkan apresiasi khusus.

Sementara masih di Surabaya Raya dulu, setelah ini penghargaan juga akan kami berikan kepada TV dan Radio di luar Surabaya Raya,” ujar Afif. Penyerahan penghargaan untuk televise lokal diserahkan Direktur Utama RSUD dr Soetomo Surabaya, dr Joni Wahyuhadi. (nanang)