Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Demi kemanusiaan, pasien-pasien eks covid-19 antusias melakukan donor plasma darah di gedung PMI Surabaya yang telah menyiapkan ruang khusus bagi para pendonor. Darah orang sembuh dari virus corona sangat ampuh untuk membantu penyembuhan pasien berat di rumah sakit.

Unit donor darah PMI Surabaya, memberikan layanan donor plasma konvalesen yang dilakukan secara sukarela oleh warga Surabaya yang sembuh dari covid-19. Eks pasien covid-19 tersebut sangat antusias mendonorkan darahnya di palang merah indonesia cabang surabaya yang di tempatkan secara khusus di gedung PMI Surabaya. Kepala UDD PMI Surabaya, dr Budi Arifah, mengatakan, layanan donor plasma konvalesen memang berbeda dengan pelaksanaan donor darah biasa. Perangkat atau alat yang dipakai tidak sama.

Tetapi yang dikerjakan tetap melalui prosedur ketat, seperti pada donor darah pada umumnya. Mulai pemeriksaan kesehatan bagi pendonor juga wajib dilakukan kepada pendonor plasma konvalesen sebelum akhirnya diputuskan boleh mengikuti donor konvalesen tersebut. Plasma darah orang yang sembuh dari virus corona dinilai mampu menyembuhkan pasien yang terpapar virus corona khusunya pasien berat. Karena daya tahan tubuhnya mampu mengalahkan virus. Sehingga darahnya sangat dibutuhkan untuk menyembuhkan pasien covid-19. Plasma darah tersebut biasa digunakan dirumah sakit bagi pasien-pasien berat karena covid-19. (irwanda/stv)