Sidoarjo, (bisnissurabaya.com) – Banyaknya pasien Covid-19 di Jawa Timur/Jatim membuat petugas medis kewalahan. Bahkan, banyaknya pasien Covid-19 membuat rumah sakit rujukan tak lagi mampu menampung pasien baru. Hal ini dialami pula RSUD Sidoarjo yang mengalami overload pasien, hingga terpaksa merujuk pasien baru covid-19 ke rumah sakit rujukan lainnya. Memasuki masa new normal saat pandemi covid-19 saat ini, jumlah orang yang positif virus corona semakin meningkat.

Peningkatan tersebut terjadi hampir di seluruh daerah di Jatim, termasuk Sidoarjo. Bahkan RSUD Sidoarjo saat ini mengalami overload jumlah pasien covid-19. Kondisi ini memaksa rumah sakit tersebut untuk sementara waktu tidak menerima pasien baru covid-19. Sebagai alternatif penggantinya, pasien baru dirujuk ke rumah sakit rujukan lainnya di kota lain, sambil menunggu adanya rumah sakit darurat yang kini masih dicarikan lokasinya.

Rencananya, apabila ada tambahan pasien positif Covid-19 di Sidoarjo akan dirujuk ke RSJ Menur Surabaya, Rumah Sakit Syaiful Anwar Malang/ serta ke RSUD dr Soedono Madiun. Dengan semakin banyaknya jumlah pasien baru covid-19 yang mengakibatkan sejumlah rumah sakit mengalami overload kapasitas, masyarakat di himbau untuk tetap memperhatikan dan mentaati protokol kesehatan. Hal ini bertujuan untuk menekan jumlah pasien baru Covid-19. (agung/stv)