Sidoarjo, (bisnissurabaya.com) – H. Rahmat Muhajirin Anggota komisi III DPR RI asal.Candi Sidoarjo, mendukung penuh Lomba kampung tangguh yang diinisiasi Plt Bupati Sidoarjo H Nur Ahmad Syaifuddin SH, mendapat dukungan. Setidaknya, anggota Komisi III DPR RI, H Rahmat Muhajirin, menilai, konsep kampung tangguh yang sedang berjalan di Kabupaten Sidoarjo ini, merupakan salah satu solusi yang efektif untuk memutus sebaran covid-19. “Pembentukan Kampung tangguh adalah program yang tepat untuk mengatasi wabah virus Corona.

Karena program ini melibatkan semua komponen masyarakat termasuk perangkat desa,” kata Rahmat Muhajirin, kepada bisnissurabaya.com, di Sidoarjo Sabtu (27/6). Suami Hj Mimik Idayana, yang juga anggota komisi D DPRD Sidoarjo ini menyatakan, dengan melombakan kampung tangguh untuk merangsang kesadaran masyarakat dalam memutus sebaran covid-19. “Kampung tangguh sebagai langkah kooperatif membuat masyarakat sadar terhadap protokol kesehatan.

Karena, tidak ada cara lain untuk menggerakkan kemauan dan kerelaan masyarakat untuk bersama-sama memiliki daya cegah yang baik,” tegasnya. Namun begitu, Rahmat, mengingatkan beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melombakan Kampung Tangguh. Pertama, adalah memfokuskan penerapannya pada protokol kesehatan, ketahanan pangan, humas, dan lainnya. Selain itu, pihaknya meminta dalam melaksanakan kampung tangguh juga melibatkan tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat.

Sehingga, selain dari protokol kesehatan juga ada penekanan untuk tidak mengabaikan pandemi covid-19. Mengenai wacana yang dilempar Wabup Sidoarjo untuk menyalurkan dana stimulus sebesar Rp 7 juta untuk setiap desa, menurut dia, hal itu perlu dipertimbangkan lebih lanjut. “Bagus juga, tapi harus benar-benar diperhitungkan supaya jangan sampai ada dobel anggaran,” pungkasnya. (rin)