Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Bisnis perhotelan kembali menggeliat. Setelah beberapa bulan, antara April sampai Maret mengalami penurunan okupansi (tingkat hunian) akibat pandemi covid 19, bahkan sampai ada yang memilih berhenti operasional. Kini di periode Mei dan Juni, perlahan namun pasti, mulai menuju kearah yang lebih baik. Seiring dengan berlakunya kebijakan normal baru. Hotel Fave merupakan salah satu hotel yang berada di Sidoarjo, yang memanfaatkan momentum normal baru untuk kembali bangkit dari keterpurukan.

Berbagai inovasi dilakukan untuk mengejar ketertinggalan selama corona, antara lain program akad nikah. Tak kurang sebanyak tiga kali dalam Mei dilaksanakan di hotel tersebut, acara akad dilaksanakan dalam suasana sakral, menerapkan protokol kesehatan, seperti penggunaan masker, hand sanitizer, dan pengaturan jarak tempat duduk. “Untuk bulan Juli dan Agustus, sebanyak 8 orang costumer yang sudah pesan tempat untuk akad nikah,” kata Executive Marketing and Communications Hotel Fave Sidoarjo, Aris Luhur, kepada bisnissurabaya.com di Sidoarjo Jumat (26/6).
Bagi masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di Pulau Jawa, upacara pernikahan adalah hal yang mendasar dan sakral. Karena itu perlu dipersiapkan sebaik mungkin dengan penuh perhitungan, termasuk diantaranya dihitung kesesuaian calon pengantin, dan waktu pelaksanaan akad nikah. Karena itu banyak warga yang tetap bersikeras untuk menyelenggarakan upacara pernikahan, walaupun kondisi penyebaran corona belum berhenti sama sekali.

Sebelumnya, hotel yang tergabung dalam group Archipelago Internasioanal ini juga mengembangkan paket menu Pak Darjo Hemat, yaitu paket nasi murah meriah seharga Rp 25.000. Menu yang terdiri dari ayam lada hitam, ayam asam manis, ayam sambal matah, mie goreng, telur, mie goreng sosis, nasi goreng, nasi goreng ayam, ikan asam manis, ikan lada hitam, ikan sambal, dan ayam crispy ini sangat diminati pelanggan. Baik untuk dinikmati di tempat, maupun untuk dibawah pulang. “Di saat corona kemarin, ada perusahaan mengadakan rapat daring disini, dan konsumsinya menu Pak Darjo yang dikirim ke rumah peserta masing-masing,” jelas peia yang akrab disapa Opa ini. Beberapa waktu yang lalu, Hotel Fave pernah mewakili Kabupaten Sidoarjo mengikuti lomba Hotel Siap New Normal yang diadakan oleh Dinas Informasi Dan Komunikasi, bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri. Hotel ini berhasil menjadi pemenangnya. (nanang)