Sidoarjo, (bisnissurabaya.com) – Tangis haru warnai wisuda virtual perpisahan siswa taman kanak-kanak di Sidoarjo. Keharuan ini lantaran para guru tidak kuasa membendung rasa haru ketika melepas siswa didiknya meskipun hanya melihat mereka melalui layar monitor laptop. Apalagi di saat pandemi covid-19 ini selama tiga bulan terakhir, mereka tidak dapat berjumpa secara langsung.

Suasana tangis haru dan bahagia tampak terlihat di acara wisuda virtual yang diselenggarakan salah satu TK di Sidoarjo. Kepala Sekolah, Siti Aminah, mengatakan, para guru tidak kuasa menahan rasa haru ketika melepas siswa didiknya lulus dari sekolah jenjang TK. Pengajar ini langsung mengusap air matanya. Apalagi ketika sang kepala sekolah menangis haru saat memberikan kata perpisahan untuk wisudawan cilik ini.

Keharuan ini tidak muncul begitu saja. Apalagi seluruh pengajar tidak dapat berjumpa langsung dengan anak didiknya selama tiga bulan terakhir, dikarenakan mereka terpaksa harus belajar dengan sistem online disaat situasi pandemi covid-19 ini. Namun, pihak sekolah merasa bersyukur dapat melaluinya, sampai mengantarkannya hingga kelulusan jenjang sekolah TK melalui wisuda virtual.
Sementara itu, disaat pandemi covid-19 ini, seluruh sekolah di negeri ini tidak dapat melangsungkan prosesi wisuda kelulusan secara langsung dan terbuka. Hal ini, untuk meminimalisir penularan virus corona. Sebagai gantinya, kegiatan kelulusan ini dapat dilakukan secara online melalui wisuda virtual yang terhubung langsung dengan aplikasi zoom maupun google meet. (agung/stv)