Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Ada nasehat dari yang patut diteladani pada era transisi new normal. Sebab, hingga saat ini vaksin virus corona belum ditemukan. Karena itu, vaksin yang ampuh untuk menyembuhkan corona adalah melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat. Yakni, menjaga jarak, cuci tangan dengan air mengalir dan memakai masker.

“Obat satu-satunya pengganti vaksi adalah disiplin melaksanakan protokol kesehatan,” kata Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional/BKKBN Jatim, Drs Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd., di Studio e-Learning Latbang Perwakilan BKKBN Jatim di Surabaya Selasa (23/6) siang. Menurut dia, saat ini di Surabaya sedang melaksanakan transisi new normal. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, kata dia, bidang pelatihan dan pengembangan/Latbang melakukan perubahan metode pelatihan dari bentuk klasikal menjadi pembelajaran jarak jauh melalui e-Learning dengan memanfaatkan pengembangan informasi dan teknologi yang dimiliki. Namun demikian, menyadari perkembangan informasi dan teknologi yang sangat cepat
diberbagai segmentasi, maka diperlukan peningkatan kapasitas peralatan yang digunakan serta jaringan internet.

Karena itu dikembangkan studio e-Learning. “Pengembangan studio e-Learning adakah tempat sebagai sarana dan prasarana pengendalian informasi dan teknologi yang memadai untuk mendukung pelatihan dan pengembangan dengan metode pembelajaran jarak jauh/PJJ melalui e-Learning. Selain itu, Bidang Latbang juga mengembangkan Platform E-Learning sebagai tindak lanjut pengembangan pelatihan tingkat Nasional yaitu sebagai tempat untuk menjalankan perangkat lunak Pelatihan Program Bangga Kencana sehingga kebutuhan pelatihan seperti peserta, pengajar, materi, tugas-tugas serta evaluasi pelatihan dapat dilaksanakan dengan mudah dan cepat oleh Penyelenggara Pelatihan melalui Informasi dan Teknologi secara online
Menurut dia, studio E-Learning serta Platform yang dikembangkan Metode PJJ melalui E-Learning, bertujuan, terpusatnya pengendalian sarana dan prasarana pelatihan dengan Metode E-Learning.

Terlaksananya Pelatihan Program Bangga Kencana dengan Metode PJJ melalui E-Learning dan Meningkatkan Kompetensi Kualitas Sumber Daya Manusia BKKBN melalui Pelatihan dan Pengembangan Program Bangga Kencana di Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota. Selain itu pelatihan dengan sistem e-Learning mengakomodir kebutuhan protokol kesehatan pada era new normal saat ini dan juga merupakan Quick Win Bidang Latbang dalam mendukung percepatan Program Bangga Kencana di Jatim. (bw)