Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Ratusan pengendara roda dua dan empat, mengikuti rapid tes drive thru di pos lalu lintas, Jalan Jakarta Surabaya, yang digelar petugas Satlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak. Menariknya, pengendara tak perlu turun dari kendaraannya, karena cukup didatangi petugas berpakaian hadzmat yang langsung mengambil sampel darah.

Seperti inilah rapid test drive thru yang diikuti ratusan pengendara roda dua dan empat yang melintas di sekitar Jalan Jakarta Surabaya. Tak hanya kendaraan pribadi yang ikut rapid test drive thru, kendaraan umum seperti angkot hingga ojek online juga ikut mengantri. Setidaknya, ada ratusan alat rapid test yang disiapkan untuk para pengendara yang melintas.

Namun, sebelum itu, pengendara harus dicek dulu suhu tubuhnya menggunakan thermo gun. Salah satunya, Ita dan Ardiansyah, ketika melewati jalan Jakarta ini mengaku sempat ketakutan saat diminta petugas masuk ke lajur rapid test drive thru. Namun, setelah di rapid test, ia merasa lega lantaran hasil rapidnya dinyatakan non reaktif.

Sementara itu, Wakapolres Pelabuhan Tanjung Perak, Kompol Faisal Amir, mengatakan, tak hanya melakukan rapid test drive thru, pihaknya juga menyediakan ratusan masker kain untuk dibagikan ke para pengendara yang tidak menggunakan masker. Tujuannya untuk memutus mata rantai covid-19 di Surabaya.
Ada sekitar 700 masker kain yang dibagikan ke pengguna jalan. Rencananya, kegiatan ini akan terus dilakukan setiap hari hingga tanggal satu juli 2020, saat peringatan hari Bhayangkara ke-74. (farid/stv)