Surabaya,(bisnissurabaya.com) – Banyaknya petugas medis yang terpapar covid 19, Fakultas Tekhnik Universitas Negeri Surabaya, menciptakan robot tenaga medis, yang dapat berfungsi mengantarkan makanan pasien, melakukan diagnosa pasien melakukan layar komunikasi robot, termasuk melakukan sterilisasi ruangan dengan menggunakan sinar ultra violet. Meski masih dalam bentuk prototype, namun dua robot dengan fungsi yang berbeda ini, sudah layak untuk digunakan, dan akan diserahkan kepada gugus tugas covid 19 Jatim, untuk membantu tenaga medis, agar tak lagi berinteraksi langsung dengan pasien.

Meningkatnya data tenaga medis yang terpapar covid 19, serta rumah sakit yang menjadi tempat penularan covid 19, di tengah semakin banyaknya pasien covid 19 di Jawa Timur, membuat salah satu kampus di Surabaya berinovasi membuat robot yang dapat membantu tenaga medis, tidak langsung berinteraksi dengan pasien covid 19. Robot perawatan hasil inovasi dari kampus Unesa ini, diberi nama robot kece, yang akan membantu tugas tenaga medis. Robot generasi pertama yang masih dioperasikan menggunakan remot control ini, berfungsi untuk mengirimkan makanan ke ruang perawatan pasien. Tak hanya itu, robot ini juga berfungsi mengantarkan obat kepada pasien, tanpa harus tenaga medis berinteraksi dan bersentuhan langsung dengan pasien di ruang perawatan.

Agar bisa berkomunikasi dan melakukan diagnosa, robot ini juga telah diberikan layar dimana perawat atau dokter, bisa menanyakan langung keadaan pasien di dalam ruangan. Sehingga tak ada interaksi langsug tenaga medis dan pasien. Robot juga dilengkapi dengan lampu sinar ultra violet untuk melakukan sterilisasi di dalam ruangan. Ketua Riset Fakultas Teknik Unesa, Agung Priyo Budiono, mengatakan, dengan inovasi robot ini, Unesa berkomitmen untuk memutus rantai sebaran covid, dan meminimalisir penularan covid 19 bagi para tenaga medis, dan penularan covid 19 di lingkungan rumah sakit. Dua robot yang memiliki kemampuan batrei sampai dua jam ini, nantinya diserahkan kepada gugus tugas covid 19, agar dapat dimanfaatkan. (irwanda/stv)