Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Puluhan pelajar SD kelas enam di Surabaya mengikuti wisuda virtual perpisahan yang di selenggarakan oleh sekolahannya. Wisuda secara daring ini terpaksa digelar lantaran saat pandemi covid-19, seluruh kegiatan wisuda tidak dapat digelar secara langsung dan terbuka. Hal ini untuk meminimalisir penularan virus corona.

Beginilah suasana wisuda virtual online yang digelar salah satu SD di Kota Surabaya. Kegiatan wisuda virtual ini layaknya wisuda secara langsung, terdapat ceremonial sambutan kepala sekolah, maupun sambutan dari perwakilan pembina yayasan atau persyarikatan. Bahkan, dalam wisuda online ini, kegiatan dipandu langsung oleh pembawa acara sesuai dengan protokol wisuda pada umumnya.

Namun, yang berbeda dalam wisuda visual kali ini, wisudawan tidak menghadiri langsung ke lokasi acara. Melainkan hadir secara visual melalui kecanggihan teknologi online dengan aplikasi zoom. Dengan begitu, wisudawan cilik ini dapat terhubung langsung dengan lokasi acara wisuda di sekolahannya secara virtual. Bahkan kedua orang tua dari para wisudawan pun turut menghadiri melalui aplikasi zoom.

Pihak sekolah, sengaja menggelar kegiatan ini sebagai pemberian apresiasi khusus kepada siswa didiknya yang berhasil menyelesaikan pendidikannya di jenjang sekolah dasar. Selain itu, kegiatan wisuda terbuka yang dihadiri banyak orang disaat situasi seperti ini, sangat mustahil untuk digelar. Karena itu, pihak sekolah memilih menggelar wisuda virtual secara online bagi anak didiknya. Kepala Sekolah, Norman, mengatakan, dalam kegiatan wisuda virtual ini, ditampilkan pula slide foto seluruh siswa yang diwisuda. Hal ini menambah rasa haru dan bangga bagi wisudawan beserta kedua orang tua mereka yang menonton langsung tayangan wisuda virtual secara online ini. (agung/stv)