Blitar, (bisnissurabaya.com) – Diawal pemberlakuan new normal, petugas gabungan antara Polri, TNI, serta Pemkot Blitar, menggelar rapid tes di sejumlah café. Hasilnya, dari 67 pengunjung, delapan diantaranya reaktif. Inilah saat puluhan pengunjung sebuah cafe di jalan Cokroaminoto dilakukan rapid tes oleh petugas gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, serta Pemkot Blitar. Satu per satu pengunjung dites petugas medis, serta dilakukan pendataan.

Hasilnya, dari 67 pengunjung maupun pengelola usaha, 8 orang dinyatakan reaktif. Kapolres Blitar Kota, AKBP Leonard M Sinambela, mengatakan, hasil tes yang reaktif selanjutnya akan ditindak lanjuti dengan melakukan isolasi mandiri dan rapid tes berikutnya. Sedikitnya, tiga cafe yang jadi sasaran petugas dengan melihat volume pengunjungnya terbanyak. Sementara itu, rapid tes masal ini dilakukan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran wabah covid 19, khususnya di wilayah kota Blitar.

Sejak new normal diberlakun, hampir seluruh café dan tempat nongkrong dipenuhi pengunjung. Kendati demikian, mereka tetap menjaga protokol kesehatan yang ditentukan. (khoirul/stv)