Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Memasuki era new normal, industri perhotelan menerapkan protokol kesehatan. Kebijakan tersebut dilakukan baik di restaurant maupun di area hotel yang lain. Penerapan prosedur new normal di Quest Hotel Darmo Surabaya sudah diberlakukan, terutama saat sarapan pagi. Tamu-tamu yang menginap, tidak diperkenankan self service /mengambil makanan sendiri di buffet.

Makanan tersebut diambilkan dan dilayani petugas restaurant. Hal tersebut bertujuan sebagai upaya untuk pencegahan penyebaran penularan yang bisa terjadi lewat benda yang disentuh banyak orang. “Petugas restauran akan mengambilkan makanan pada buffet bagi dengan tetap memakai masker dan face shield,” kata General Manager Quest Hotel Darmo Surabaya, David Eko Susanto, didampingi Food Beverage Manager, Agus Nurjana, Jumat (19/6) pagi. Selain itu, ada inovasi lain dalam upaya pencegahan penyebaran penyakit, hotel ini menerapkan menu digital pada setiap tamu yang ingin memesan makanan di restaurant maupun di dalam kamar.

Menu digital tersebut berupa QR Code yang dapat di scan terlebih dahulu oleh tamu kemudian daftar menu dan menu-menu promo akan muncul di layar smartphone. Menu digital dan konsep breakfast ala new normal juga disambut baik sejumlah tamu yang menginap. Bagi mereka konsep dan inovasi membuat mereka merasa aman dan nyaman. Selain penerapan new normal dari anjuran protokol kesehatan di area restaurant, penerapan lainnya juga dilakukan di area receptionist, area hotel, dan di dalam kamar.

Beberapa protokol kesehatan yang sudah diterapkan hotel ini, yaitu setiap tamu yang datang diwajibkan untuk mencuci tangan di tempat cuci tangan yang sudah disediakan, menggunakan handsanitizer, menggunakan masker, kemudian petugas di area lobby memeriksa suhu tubuh dengan thermo gun.
Tak hanya itu, di area hotel pun selalu dijaga kebersihannya dengan menyemprotkan cairan desinfektan di beberapa titik yang sering dijangkau oleh tamu, di area receptionist petugas hotel juga sudah membatasi jarak dengan tamu yang datang, seperti tidak bersentuhan secara langsung dengan tamu apabila menyerahkan kunci kamar, dan terdapat area jarak antara petugas dengan tamu.
“Dengan penerapan protokol kesehatan, kami berupaya selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi setiap tamu,” jelas David Eko. (nanang)