Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Dewa penolong anak bawah lima tahun/balita. Dampak pandemi corona sudah 2,5 bulan lebih dirasakan masyarakat Surabaya. Berbagai penderitaan dialami warga yang tinggal di kota pahlawan ini, mulai masalah kesehatan, ekonomi, maupun sosial. Diantara golongan masyarakat yang ada, lanjut usia/lansia dan bawah lima tahun/balita adalah yang paling rentan terhadap penularan virus ini.

Pemerintah Kota/Pemkot Surabaya selaku penyelenggara negara telah melakukan berbagai kegiatan kemanusiaan. Mulai dari pemberian sembako, minumanan rempah, sanitizer, hingga pemasangan bilik disinfektan di banyak tempat. Ironisnya, pemberian bantuan justru lebih banyak diperuntukkan kepada masyarakat umum semata. Lansia dan balita luput dari sasaran program pemberian bantuan.

Berkaitan dengan kenyataan itu, seorang pengemudi ojek online/ojol, Imelda Kusprobowati, merasa tergerak hatinya untuk melakukan kegiatan yang bisa menolong keberadan para balita yang orang tuanya terdampak covid 19. Tekadnya, semakin kuat setelah mendengar keluhan sesama pengemudi ojol. “Saya bagikan susu formula kepada balita di kampung–kampung, mereka golongan rentan tetapi banyak diabaikan,” kata pengemudi ojol, Imelda Kusprobowati, kepada bisnissurabaya.com saat membagikan susu beberapa waktu yang lalu.

Sudah lebih 300 dos susu formula yang dibagikan alumni STIESIA ini. Minuman putih bergizi tinggi tersebut dibagikan kepada anak-anak balita di Surabaya, mulai daerah Darmo Kali, Ngagel, Gembong Tebasan, Kebangsren, dan Keputran Panjunan. Di kawasan Keputran Panjunan, dilakukan pembagian hingga dua gelombang, yaitu di gang II dan gang III. Melalui Ketua RT 07 RW M. Basir, dan Tokoh Karang Taruna RT 03, Dhanang Pradipta, kegiatan pembagian susu dilakukan.

“Alhamdulilah, dengan bekerjasama pengurus RT setempat, kami selalu lancar menyalurkan susu bagi balita yang membutuhkan,” jelas ibu dari tiga anak ini. Warga yang menerima bantuan susu, merasa sangat terharu bahkan berapa meneteskn air mata atas kepedulian yang dilakukan Imelda, karena dalam keadaan susah begini, masih ada orang susah yang menolong orang susah. Dan bantuan susu formula berukuran kotak besar seharga ratusan ribu tersebut, benar-benar bisa meringankan para orang tua seperti mereka. (nanang)