Surabaya,(bisnissurabaya.com) – Ketua Palang Merah Indonesia/PMI Republik Indonesia, Jusuf Kalla, memprediksi jawa timur bisa melampaui jakarta dalam kasus konfirmasi positif covid-19. Berdasarkan data 16 Juni 2020 kasus di Jatim sebanyak 8 ribu 290. Sedangkan di Jakarta 9 ribu 92 kasus positif. Menurutnya jika Jakarta kasusnya lebih rendah dari Jatim terus, mungkin dalam lima atau tujuh hari bisa lebih tinggi dari Jakarta.

Ketua PMI, Muhammad Jusuf Kalla, memprediksi angka kasus konfirmasi positif virus corona atau covid-19 Jatim bisa melampaui DKI Jakarta. Sebab, hanya dalam hitungan kurang dari 10 hari, angka penambahan kasus corona di Jatim terus melonjak.  Jusuf Kalla, saat melakukan pertemuan di Grahadi menyebut, berdasarkan data 16 Juni 2020, angka kasus Jatim bertambah 241 yang menjadikan total kasus ada sebanyak 8.290, sedangkan DKI Jakarta tercatat ada 9.092 kasus. Menurutnya jika Jakarta kasusnya lebih rendah dari Jatim terus, mungkin dalam lima atau tujuh hari bisa lebih tinggi dari Jakarta.

Aspek kepadatan Penduduk Jatim yang lebih besar daripada Jakarta, apabila tidak baik dalam penanganannya, maka tak salah terjadi peningkatan kasus yang sangat besar.
Jusuf Kalla, percaya para Kepala Daerah telah mengeluarkan upaya yang besar saat ini. Namun dirinya berharap ada upaya yang lebih baik lagi dan di iringi dengan koordinasi yang baik untuk bersama sama menghentikan penyebaran covid-19. (irwanda/stv)