Bojonegoro, (bisnissurabaya.com) – Meski seluruh trayek bus, telah dibuka kembali sejak 9 Juni lalu, namun, hingga hari ini, aktifitas bus maupun penumpang di terminal Rajekwesi Bojonegoro, masih sepi. Bahkan dari 135 bus yang biasa transit dan mangkal di terminal ini, hanya ada 15 bus saja yang beroperasi. Itupun terbatas untuk tujuan akhir Surabaya. Beginilah suasana terminal Rajekwesi Bojonegoro, sejak dibuka penuh empat hari lalu.

Aktifitas terminal, tampak sepi, jauh dibanding saat hari biasa, sebelum masa pandemi, yang selalu ramai.
Jumlah penumpang yang datang maupun berangkat, sangat sedikit, tak sampai 20 persen dibanding kondisi normal. Bahkan, tempat layanan, dan kursi tunggu penumpang tampak begitu lowong. Hanya ada beberapa calon penumpang, duduk dengan sabar menunggu kedatangan bus.

Selain jumlah penumpang, lengangnya suasana terminal juga terasa dari sedikitnya armada bus yang telah aktif, untuk kembali beroperasi mengangkut dan megantarkan penumpang. Terkait hal ini, Koordinator Satuan Pelayanan/Korsatpel Terminal Rajekwesi Bojonegoro, Sentot Sugeng Waluyo, menjelaskan, sebenarnya terminal Bojonegoro telah dibuka sejak 9 Juni lalu. Baik untuk trayek bus maupun mobil angkutan umum. Namun, hingga hari ini, penumpang yang datang maupun berangkat masih sedikit.

Sementara, untuk armada bus yang jalan, dari 135 armada, baru ada 15 bus yang sudah beroperasi. Itupun baru sebatas, trayek jurusan Bojonegoro – Surabaya. Sedangkan untuk trayek lainnya, seperti bus tujuan Ngawi, Jombang, Tuban, dan Nganjuk, masih belum ada yang aktif sama sekali. Hal ini dimungkinkan karena penumpang yang masih sedikit, selama masa transisi new normal, tak sebanding dengan beaya operasional yang harus dikeluarkan oleh PO bus. Seperti diketahui, sejak berakhirnya masa PSBB di Surabaya Raya, 8 Juni lalu, sehari kemudian terminal Rajekwesi Bojonegoro, juga membuka trayek bus dan MPU, untuk masuk, transit, dan keluar terminal. Segala aktifitas tersebut dilakukan dengan persyaratan sesuai protokoler kesehatan covid-19. (mulyanto/stv)