Banyuwangi (Bisnis Surabaya) – Kabar gembira bagi para pecinta wisata alam. Dua kawasan wisata di Banyuwangi, Kawah Ijen dan Taman Nasional Alas Purwo kembali dibuka mulai, Senin (15/6). Pembukaan kawasan wisata andalan kabupaten tetangga Bali ini untuk menyambut new normal.
Selain kawah Ijen dan Alas Purwo, Pemkab Banyuwangi juga membuka sejumlah obyek wisata alam lainnya, termasuk tempat hiburan. Total ada 10 destinasi wisata yang mulai dibuka. “ Simulasi kita lakukan untuk mengecek kesiapan destinasi pariwisata dalam menyembaut new normal. Apa yang kurang, apa yang belum dilengkapi semua diujicobakan,” kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Senin (15/6). Rencananya, uji coba ini akan berlangsung seminggu, hingga Minggu (21/6).
Ditambahkan, simulasi penerapan new normal di sejumlah destinasi wisata ini akan dilakukan bertahap ke semua pelaku wisata. Sehingga, dipastikan protokol kesehatan dijalankan dengan baik. “ Sesuai protokol kesehatan, bagi pengelola yang patuh, ada sertifikat sekaligus sebagai syarat usaha bisa beroperasi,” jelasnya. Menurut Anas, pihaknya ingin memberikan jaminan bagi konsumen dan wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi. Sehingga, penerapan protokol kesehatan akan terus dipantau dan diverifikasi. “ Nantinya akan terbit semacam sertifikat standar kepatuhan protokoler,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, MY Bramuda mengatakan selain 10 destinasi wisata, ada 11 hotel percontohan dalam penerapan new normal. Sejumlah protokol yang diterapkan diantaranya, pembatasan jumlah pengunjung, menjaga jarak, penyemprotan disinfektan rutin dan wajib masker. “ Pengunjung wajib diukur suhu tubug diatas umur 50 tahun. Semua petrugas wajib pakai masker dan face shield,” tegas Bramuda. (wir)