Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Lahan perikanan yang dikelola Koarmada II dan jajarannya saat ini merupakan pilot project. Banyak hal yang harus dikerjakan untuk membuat pemanfaatan lahan yang cukup luas dan strategis yang dimiliki Koarmada II lebih optimal. “Masih banyak PR yang harus kita kerjakan, karena area yang luas ini kalau tidak kita kelola sebaik-baiknya, tentunya akan banyak pihak yang ingin memanfaatkan. Disadari atau tidak, ini area yang cukup strategis dan bisa dimanfaatkan untuk menambah penghasilan,” kata Panglima Koarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, disela panen raya ikan bandeng di Surabaya Jumat (12/6). Ia bersama Ibu Ketua DJA II melaksanakan panen raya ikan Bandeng kurang lebih 30.000 ekor. Panen raya ini merupakan bukti keseriusan dan keberhasilan program ketahanan pangan Koarmada II dalam menghadapi dampak Covid-19. Panen Raya di pusatkan di Lahan Perkebunan dan Perikanan Semampir Baru, Koarmada II Surabaya, Jumat (12/6).

Heru memerintahkan para pejabat terkait di Koarmada II dan jajarannya, untuk membuat design/pemetaan pemanfaatan area yang cukup strategis tersebut dengan mengundang pihak luar (konsultan bila perlu) untuk membuat master plan. “Dengan dibuatnya masterplan pemanfaatan lahan, diharapkan lebih optimal dan efektif dalam pengelolaan, serta bisa dirasakan manfaatnya secara langsung oleh prajurit dan PNS Koarmada II beserta jajarannya,” tegas Heru.

Dalam acara ini hadir Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jatim, Muhammad Gunawan Saleh, yang sekaligus menyerahkan dukungan 30.000 benih ikan Lele, dan 10.000 benih ikan Nila dari DKP Provinsi Jawa Timur selanjutnya diterima juga bibit tanaman dari Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya, Yuniarto Herlambang, untuk selanjutnya bibit tanaman tersebut diserahkan secara simbolis dari Panglima kepada perwakilan satuan kerja, untuk dibudidayakan di lahan perkebunan ketahanan pangan mereka. (irwanda).