Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk Surabaya Raya resmi tak diperpanjang. Keputusan itu sesuai rapat koordinasi tiga Kepala Daerah, Surabaya, Sidoarjo dan Gresik yang dipimpin Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, di Grahadi Surabaya Senin (8/6) malam. Dalam rapat tersebut, tiga Kepala Daerah sepakat untuk tidak melanjutkan PSBB dan menerapkan transisi new normal, dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat di setiap lini. Gubernur Jatim, memimpin langsung rapat koordinasi dengan tiga Kepala Daerah untuk memutuskan tidak melanjutkan PSBB wilayah Surabaya Raya.

Dalam rapat tersebut, tiga Kepala Daerah sepakat menghentikan PSBB, agar perekonomian bisa bergerak, setelah hampir 45 hari warga tak bisa melakukan aktiftasnya secara normal. Meski memilih opsi transisi normal baru, penerapan protokol kesehatan akan dilakukan secara ketat, hampir di setiap lini pada aktiftas warga. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, merespon keinginan tiga Kepala Daerah dan tidak meneruskan PSBB.

Untuk selanjutnya peraturan kebijakannya diserahkan kepada Pemerintah daerah pelaksana PSBB sebelumnya. Ini sebagai bentuk komitmen bersama untuk menghentikan sebaran covid 19 di Surabaya Raya, termasuk pengetatan protokol kesehatan di tiga daerah tersebut. Sehingga, penyebaran covid-19 bisa dihentikan. (feri/stv)