Bojonegoro, (bisnissurabay.com) – Rumah sakit ini melakukan uji laboratorium mandiri untuk mendeteksi jenis specimen virus corona atau covid-19. Hal ini, setelah pihak rumah sakit mendapatkan bantuan cartridge untuk alat tes cepat molekuler/TCM dari kementerian kesehatan RI.

Rumah sakit umum daerah atau RSUD Kabupaten Bojonegoro, mendapat bantuan alat cartridge dari kementerian kesehatan RI. Alat ini, mampu mendeteksi khusus untuk jenis spesimen virus corona atau covid-19.
Direktur RSUD dr Sosodoro Djatikusuma Bojonegoro, Hastono, mengatakan,
melalui cartridge inilah sample SWAB yang sudah diambil dari pasien covid-19 dipindahkan dari virus transport media ctm. Setelah sample SWAB sudah berada di dalam cartridge, kemudian melalui kabinet bertekanan negatif, selanjutnya cartridge dimasukkan ke dalam alat tes cepat molekuler atau tcm untuk dilakukan uji laborat.

Hanya membutuhkan waktu kurang dari lima puluh menit, alat ini mampu mendeteksi hasil swab tersebut. Sehingga seseorang yang dinyatakan pdp dan menjalani perawatan isolasi bisa dengan cepat diketahui negatif atau positif covid-19.

Dengan adanya bantuan alat cartridge ini, mulai hari ini, RSUD Sosodoro Jatikusumo Bojonegoro, mampu melakukan uji laboratorium swab covid-19 secara mandiri. Namun demikian, pihak RSUD sangat bergantung pada ketersediaan alat cartridge itu sendiri. (mulyanto/stv)