Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Terapi Plasma Konvalesen, diklaim manjur menyembuhkan banyak pasien terkonfirmasi positif covid-19. RSUD dr Soetomo Surabaya menargetkan sebanyak mungkin pasien positif covid-19 yang sembuh dan negatif mau mendonorkan plasma darahnya. Karena itu, ada 61 pasien siap mendonorkan plasma darahnya. Namun, setelah diperiksa, hanya 20 orang yang memenuhi kriteria dan siap diambil darahnya untuk bantuan kemanusiaan penyembuhan covid-19 terutama pasien berat.

Salah seorang pasien covid-19 yang sembuh, dengan senang hati mendonorkan darahnya. Pasien yang sembuh ini mempunyai anti body yang bagus dan mampu melawan virus corona dalam tubuhnya. Proses pengambilan darahnya sangat sederhana dan tidak sakit seperti donor biasa. Dokter menghimbau masyarakat untuk tidak takut mendonorkan plasma darahnya. Saat ini, RSUD dr Soetomo telah menerima donor plasma dari 61 orang.

Namun, setelah diperiksa hanya 20 orang yang memenuhi standar donor plasma darah. Direktur Utama/Dirut RSUD dr Soetomo Surabaya, Dokter Joni Wahyuhadi, mengungkapkan, metode penyembuhan terapi Plasma Konvalesen, memang masih dalam tahap Clinical Trial. Namun, telah terbukti mujarab untuk menyembuhkan pasien positif covid-19, karena telah digunakan sebagai metode penyembuhan di Wuhan-China, Italia, dan Amerika Serikat. Upaya ini, dengan harapan mereka yang telah sembuh dengan senang hati mendonorkan plasma darahnya. Hal ini, dilakukan untuk bantuan kemanusiaan dalam penyembuhan wabah virus corona di Jatim. (feri/stv)