Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Ada keprihatinan tersendiri ketika seluruh sekolah di Indonesia diliburkan akibat wabah corona. Yang memprihatinkan, hingga dua bulan lebih sekolah libur. Bahkan, hingga kapan sekolah mulai masuk sampai sekarang masih menjadi misteri. Ada yang setuju sekolah mulai masuk saat tahun ajaran baru 2020/2021 pada 13 Juli dimulai.

Tetapi ada juga sekolah tetap diliburkan saja hingga awal Januari sambil menunggu berakhirnya wabah ini.
Menjawab hal ini, Anggota Komisi IX DPR RI, Arzeti Bilbina, SE., MAP, dari F-PKB yang mewakili daerah pemilihan Surabaya-Sidoarjo, ikut prihatin. ‘’Terus terang, sebelum pandemi covid-19 benar-benar berakhir, sekolah tetap diliburkan saja untuk mencari aman. Program pendidikan sekolah di rumah yang diterapkan Kemendikbud sangat bagus di masa pandemi ini,’’ kata wanita cantik yang juga mantan peragawati top ini kepada bisnissurabaya.com, usai talk show dengan thema “Eksistensi Perempuan di Masa Pandemi Covid-19” di Surabaya Kamis (4/6) kemarin.

Menurut dia, sebetulnya sekolah dimulai pada 13 Juli juga sangat tepat mengingat akan dimulainya tahun ajaran baru. Tetapi, tidak semua murid mulai TK, SD, SMP, SMK/SMK serta madrasah diantar orang tuanya naik mobil atau sepeda motor. ‘’Kita juga melihat murid yang naik bus atau bemo untuk pergi ke sekolah. Disinilah bahayanya bila sekolah tetap dipaksakan pada dimulainya tahun ajaran baru 13 Juli mendatang.
Kalau wabah belum menunjukkan tanda-tanda berakhir, kata Arzeti, sebaiknya sekolah dimulai awal Januari 2021.

Arzeti Bilbina (tengah) saat talk show dengan thema ‘Eksistensi Perempuan di Masa Pandemi Covid-19 di Surabaya Kamis (4/6) kemarin. (Foto/bw)

Sehingga wali murid atau para orang tua tidak kawatir terhadap anaknya yang sedang sekolah. ‘’Seperti anak saya sekolah di rumah ini sangat baik sekali. Karena materi yang diajarkan oleh guru sangat bagus dan bermutu,’’ kata peragawati cantik berhijab ini. Karena itu, menurut dia, kalau disuruh memilih apakah sebaiknya sekolah dimulai pada 13 Juli atau Januari 2021, wakil rakyat yang getol memperjuangkan warga untuk Surabaya dan Sidoarjo ini lebih amannya sekolah mulai masuk Januari 2021. Alasannya, sangat sederhana untuk menghindari rasa kawatir dari para orang tua sebagai wali murid. (bw)