Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Dua balita di Kelurahan Ngagel, reaktif covid 19. Untuk memastikan positif atau tidaknya covid 19, kedua balita tersebut menjalani Test SWAB, Senin (1/6) siang. Kedua bocah ini menjalani tes SWAB di mobil Laboratorium Polymerase Chain Reaction, atau PCR yang tersedia di makam Ngagel. Mobil combat covid 19 atau mobil laboratorium PCR bantuan Badan Nasional Penanggulangan Bencana, BNPB, akhirnya dioperasikan di Surabaya.

Senin siang, mobil PCR melayani test swab 50 warga di Makam Ngagel. Kepala Puskesmas Pucang Sewu, dr Yuki, mengatakan, warga yang ditest swab ini terdiri dari Pasien Dalam Pengawasan, PDP, Orang Dalam Pemantauan, ODP, Orang Tanpa Gejala, OTG serta Orang Dalam Resiko, ODR. Yang memprihatinkan, dua dari 50 yang menjalani test SWAB, masih balita. Kedua bocah warga Kelurahan Ngagel, Kecamatan Wonokromo ini menjalani test SWAB setelah rapid test menunjukkan hasil reaktif.

Dioperasikannya mobil PCR ini setelah Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, marah lantaran dialihkan ke daerah lain. Hari ini, mobil PCR melakukan test SWAB di tiga lokasi. Yakni, Rumah Sakit Husada Utama, Makam Ngagel dan Terminal Keputih. (irwanda/stv)