Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Untuk mengatasi bertambahnya pasien covid -19 di Surabaya, dua mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya/PENS menciptakan gelang corona. Gelang ini berfungsi mendeteksi keberadaan pasien covid-19 yang membandel sering keluar dari area terbatas. Inilah dua mahasiswa PENS. Mereka adalah Rizky Beniah, dan Muhammad Billi Sotta purana.

Dua mahasiswa berbeda jurusan ini berhasil menciptakan alat pendeteksi keberadaan warga yang dinyatakan positif covid-19. Gelang corona ini dirakit oleh dua mahasiswa selama satu minggu, dengan menggunakan alat elektronik yang cukup canggih. Rizky Benniah, mengatakan, gelang ini bisa memantau keberadaan pasien covid-19 yang bandel dan berusaha kabur dari pihak Rumah Sakit saat menjalani perawatan. Meski dengan merakit alat seadanya dan dilengkapi dengan gps serta data yang valid, pasien tidak bisa kabur dan petugas bisa mendeteksi langsung melalui aplikasi yang disiapkan.

Meski belum 100 persen sempurna, namun, alat ini sudah dilakukan uji coba. Setelah diuji coba, alat ini bisa bermanfaat bagi tim medis maupun petugas yang tengah melakukan tindakan terhadap pasien covid-19. (irwanda/stv)