Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Perayaan hari jadi kota Surabaya ke 727, digelar dengan sederhana oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, beserta jajarannya di dapur umum penanganan covid-19, Halaman Balai Kota Surabaya, Minggu kemarin. Perayaan sederhana itu, dilakukan dengan pemotongan tumpeng, yang dilanjutkan penyampaian pidato Walikota Surabaya secara live di media sosial atau via daring. Dalam pidatonya, Wali Kota Risma, menyampaikan, hari ini merayakan hari jadi kota Surabaya yang ke–727 tahun dengan kondisi yang berbeda. Hal itu, dikarenakan pandemi covid-19 yang melanda seluruh belahan dunia.

Kenyataan pahit ini, harus bisa dihadapi dan menjadi cambuk untuk menghadapi pandemi covid-19, dimana upaya preventif, atau pencegahan, akan lebih didahulukan dari pada kuratif, atau pengobatan. Karena itu, Walikota risma, mengajak kepada semua warga untuk selalu disiplin dalam menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Seperti, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun secara rutin, juga memakai masker di tempat umum. Serta menjaga jarak dalam berinteraksi atau social distancing, dan menjaga kebersihan lingkungan secara terus menerus.

Risma, meminta kepada semua pihak untuk terus bersemangat, meski di tengah pandemi. Disamping itu, Risma, juga berpesan untuk terus meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi, termasuk minum vitamin dan ramuan rempah, serta berjemur dibawah sinar matahari setiap pagi. Ia memastikan, penyakit ini dapat disembuhkan jika bisa ditangani lebih cepat. Oleh karenanya, dibutuhkan kejujuran dan kerja sama dari kita semua tanpa terkecuali. (setya/stv)