Surabaya, (bisnissurabaya.com.com) – Universitas Airlangga/Unair Surabaya melalui tim penelitinya melakukan proses uji preklinis untuk dua senyawa baru temuan mereka. Penelitian ini sebagai satu diantara upaya penanganan pandemi covid-19 yang dilakukan tim riset covid-19 Unair. Koordinator Produk Riset Covid-19 Unair Surabaya, Prof Ni Nyoman Tri Puspaningsih, menyatakan, dua senyawa baru temuan mereka saat ini tengah menjalani proses uji preklinis. Unair berhasil mendapatkan whole genome sequences atau urutan DNA lengkap dari enam jenis virus covid-19 yang menginfeksi pasien Indonesia.

Selain itu, terdapat sejumlah perkembangan lain dari riset covid-19 yang telah dilakukan Unair. Diantaranya, uji etik, pengkulturan sel vero, sel ginjal, HSC, dan NK Cell yang sudah berhasil dilakukan sebagai serangkaian uji efektivitas obat dan kombinasi obat sars cov-2 khas Indonesia. Sementara itu, dari analisis yang telah dilakukan, disebutkan, hingga saat ini belum ada obat khusus yang bisa menyembuhkan covid-19. Selain itu, belum ada vaksin khusus yang ditemukan untuk masyarakat Indonesia.

Meski demikian, timnya terus melakukan upaya penelitian terkait dengan tim peneliti covid-19 Unair. Oleh karenanya, Unair menggandeng sejumlah pihak untuk penangan covid-19. (agung/stv)