Malang, (bisnissurabaya.com) – Kampung tangguh di Kabupaten Malang membuat kesengsem Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. Karena itu, mantan mensos ini mengunjungi Kampung Tangguh yang ada di Desa Sitirejo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Rabu, (27/5) kemarin.

Dalam kunjungannya, orang nomor satu di Pemprov Jatim memberikan apresiasi terhadap keberadaan Kampung Tangguh yang berawal dari Kabupaten Malang. “Saya bersama Kapolda dan Pangdam menyampaikan terimakasih atas inisiasi Bupati Malang dan Camat, serta Kepala Desa Sitirejo atas terbentuknya Kampung Tangguh ini,” kata Khofifah Indar Parawansa. Khofifah, menjelaskan, Kampung Tangguh merupakan penanganan Covid-19 berbasis masyarakat. Artinya, seluruh masyarakat terlibat dalam penanganan Covid-19 atau virus Corona. “Masyarakat serta relawannya sangat luar biasa. Solidaritas antar warga di lini paling bawah menjadi modal sosial luar biasa,” ungkapnya.

Menurut dia, seluruh ketahanan diterapkan di Kampung Tangguh. Mulai dari Ketahanan Pangan, hingga ketahanan keamanan. Sehingga, menjadi modal penting dalam menghadapi pandemi maupun wabah. “Saya minta soliditas ini dapat dijaga serta dipertahankan dengan baik,” pintanya. Sementara itu, Bupati Malang, Drs HM Sanusi MM, menyampaikan, sudah ada 300 Kampung Tangguh di Kabupaten Malang.”Kampung Tangguh ini tercipta atas inisiasi para relawan, akademisi dan seluruh lapisan masyarakat. Sehingga keberadaannya akan terus diperbanyak,” urainya.

Dalam kunjungan ke Kampung Tangguh Desa Sitirejo, Wagir, Kabupaten Malang, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa didaampingi Pangdam V Brawijaya dan Kapolda Jatim. Selain di Desa Sitirejo, Wagir, Kabupaten Malang, Khofifah juga mengunjungi Kampung Tangguh di Desa Pendem, Kecamatan Jun Rejo, Kota Batu dan Kelurahan Purwantoro, Kota Malang. (bw)