Sidoarjo, (bisnissurabaya.com) – Di tengah wabah covid 19 Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar/PSBB tahap tiga fokus terhadap peran desa dan RT/RW di Sidoarjo mendapat respon wakil rakyat. Komisi A DPRD Sidoarjo ingin mengawal upaya perbaikan kesejahteraan RT/RW melalui tunjangan insentif yang dianggarkan APBD. Tunjangan tersebut diharapkan memberikan semangat kepada Ketua RT/RW dalam melayani masyarakat. Anggota Komisi A DPRD Sidoarjo, Sullamul Hadi Nurmawan, mengungkapkan, saat ini peran RT/RW dalam PSBB sangat penting. Mereka jadi ujung tombak dalam memutus tali penyebaran Covid-19.

“Namun, apa yang didapatkan Ketua RT/RW tidak sebanding dengan tanggung jawab yang dipikul,” kata Gus Wawan (27/5). Menurut dia, saat ini ketua RT/RW jadi bahan protes warga terutama dalam penyaluran dan pembagian sembako, BLT dan sejenisnya. “Penyaluran sembako maupun BLT yang dinilai tak sesuai harapan yang jadi sasaran amukan warga adalah Ketua RT dan RW. Padahal mereka tidak mendapat insentif dari pemkab. Karena itu, kata dia, sudah selayaknya pemerintah daerah mempertimbangkan lagi untuk memberikan insentif kepada ketua RT/RW lewat APBD seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Ini bukan karena pandemi Covid-19, tetapi memang sudah selayaknya pemerintah memberi insentif yang memadai buat RT/RW karena merekalah ujung tombak paling bawah dalam melayani warga,” jelasnya. Mulai 2015 pencairan insentif untuk Ketua RT dan RW yang ada di lingkungan desa berubah. Dari semula ditanggung APBD Pemkab Sidoarjo, menjadi tanggung jawab desa yang bersangkutan. Hal ini mendasari adanya PP Nomor 43 tahun 2014 tentang pengelolaan keuangan desa. Sehingga, insentif bagi Ketua RT/RW menjadi tanggung jawab APBDES. Insentif bagi Ketua RT dan RW di desa jadi tanggung jawab desa, apalagi kini pihak desa banyak penerimaan keuangan yang masuk.

Diantaranya, dari Alokasi Dana Desa/ADD, bagi hasil pajak dan retribusi daerah serta alokasi dana dari pemerintah pusat. Sedangkan untuk insentif bagi Ketua RT/RW yang berada di lingkungan kelurahan, masih menjadi tanggung jawab APBD Kab Sidoarjo. (rino)