Surabaya, (bisnissyrabaya.com) – Peningkatan pengamanan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar/PSBB tahap III di Surabaya Raya terus dilakukan. Wakapolda Jatim, Irjen Pol Djamaludin, menegaskan, pihaknya mengerahkan 1.161 personel untuk tiga wilayah di Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik. “Dalam PSBB tahap III Polda telah mengatur keterlibatan polisi di luar TNI sebanyak 1.161 personel. Mereka akan di-BKO kan di tiga wilayah,” kata Wakapolda di Gedung Grahadi Surabaya, Senin (25/5) petang.

Jenderal polisi bintang dua itu merinci penyebaran personel di Surabaya Raya. Untuk wilayah hukum Polrestabes Surabaya dikerahkan 408 personel, wilayah Polresta Sidoarjo 309 personel, Polres Gresik 239 personel, Polres Pelabuhan Tanjung Perak 205 personel. Anggota polisi itu juga akan dibagi tiga tim yang ditugaskan pada sasaran lebih dalam. “Kami akan fokuskan pengamanan kegiatan sosial budaya, tempat umum, hingga pembatasan alat transportasi,” tegasnya.

Untuk operasi gabungan, Polda Jatim juga telah berkoordinasi dengan Kodam V/Brawijaya dan juga Satpol PP Provinsi Jatim. Mengenai sanksi dan penegakan hukum, ia menegaskan akan lebih memperketat penjagaan, termasuk di check point, hingga patroli di mall dan pasar tradisional yang menjadi pusat keramaian dan kerumunan massa. (bw)