Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Pengidap gangguan jiwa diduga terpapar virus corona diisolasi. Sementara, orang dalam isolasi menjadi depresi dan stress terjadi di rumah sakit rujukan covid-19 Jatim.

Pernyataan tersebut disampaikan Direktur Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya, dr Hafidin Ilham. Ia mengatakan terdapat satu orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ yang berstatus pasien dalam pengawasan atau PDP sedang dirawat di RSJ Menur Surabaya. Pasien tersebut diduga terjangkit covid-19. Pasien tersebut merupakan rujukan dari RSJ Lawang.

Pihak Rumah Sakit telah melakukan test swab pertama hasilnya negatif. Sementara, sudah dilakukan tes swab ke dua dan hasilnya belum keluar. Pihaknya menjelaskan, RSJ Menur telah ditunjuk Gubernur Jatim sebagai RS rujukan untuk merawat pasien covid-19. Dari 100 bed yang ada, sekarang terisi 52 pasien yang masih dirawat.

Selain itu, dr Ilham, mengungkapkan ada beberapa orang yang masuk RSJ Menur Surabaya karena mengalami depresi menghadapi pandemi virus corona ini. Orang tersebut stres karena mengalami gangguan tidur atau insomnia dan depresi. Mereka diobati secara holistic dan melibatkan psikiater. (feri/stv)