Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Kantor Pos Besar Surabaya, mulai Senin (11/5) mendistribusikan Bantuan Sosial Tunai/BST senilai Rp 600.000 untuk Keluarga Penerima Manfaat/KPM, terdampak covid-19. Dari data Kemensos yang diterima pihak kantor pos, warga Surabaya yang menerima bantuan uang tunai tahap pertama sebanyak 65.908 KPM. Seluruh kantor pos di Surabaya, mulai mendistribusikan Bantuan Langsung Tunai/BLT tahap pertama kepada KPM. Data kantor pos yang diterima dari Kemensos, warga Surabaya yang menerima bantuan uang tunai sebesar Rp 600.000 pada tahap pertama sebanyak 65.908 KPM.

Kepala Kantor Pos Besar Surabaya, Dino Ariyadi, mengatakan, mekanisme pendistribusian bantuan ini, warga langsung mendatangi kantor pos terdekat, dengan membawa KTP elektronik. Pola pendistribusian tahap pertama ini, akan digelar hingga Sabtu (16/5) depan, dengan perincian per harinya sekitar 5.501 KPM yang tersebar di 12 kelurahan, dengan lokasi bayar 6 kantor pos di seluruh wilayah kota Surabaya. Untuk mengantisipasi penyebaran covid-19, kata dia, pihak kantor pos juga menerapkan protokol kesehatan, dengan mewajibkan para pengambil BST untuk melewati bilik sterilisasi disinfektan, dan pemeriksaan suhu tubuh dengan Termo Gun. Tak hanya itu, tempat duduk untuk mengantri, juga berjarak satu meter atau physical distancing.

Sementara itu, M. Hasan salah satu KPM yang menerima BST ini mengaku senang dengan perhatian yang diberikan Pemerintah kepada rakyat kecil. Sambil menangis, Hasan, tak henti-hentinya mengucap terimakasih kepada Pemerintah, terlebih saat ini dirinya sudah tidak mempunyai pekerjaan lagi, dan menggantungkan hidup tinggal bersama anaknya. Pembagian BST ini akan dilakukan selama 7 hari kedepan. Jika terdapat warga penerima manfaat yang belum menerima karena berhalangan bisa melakukan pelaporan dan mengambilnya di Senin (11/5). (farid/stv)