Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Menteri BUMN, Erick Thohir, memastikan pengoperasian Laboratorium Bio Molekuler PCR yang berfungsi melakukan uji laboratorium virus covid-19, menggunakan metode Swab Test, di Rumah Sakit PHC Surabaya. Harapannya, dengan fasilitas baru ini, dapat mempercepat penanganan covid-19 di wilayah kota Surabaya.
Upaya Pemerintah mempercepat pemeriksaan virus covid-19, sebagai upaya penanganan pandemi menemui titik terang. Hal itu setelah berbagai teknologi pengujian dan pemeriksaan terus dikembangkan. Yang terbaru, Rumah Sakit PHC Surabaya, Sabtu (9/5) resmi mengoperasikan Laboratorium Bio Molekuler PCR, yang berfungsi melakukan uji laboratorium virus covid-19, melalui Metode Swab Test.
Ditemui usai melakukan peninjauan, Erick Thohir, menegaskan, nantinya fasilitas ini bisa melakukan Swab Test hingga kuota 500 test per harinya. Harapannya, fasilitas baru ini bisa dimaksimalkan untuk mempercepat penanganan covid-19, khususnya di wilayah Surabaya. Erick Thohir, menambahkan, nantinya, apabila wabah virus covid-19 berakhir, keberadaan Laboratorium Bio Molekuler PCR ini juga bisa dimanfaatkan dalam jangka panjang. Misalnya, untuk penanganan kasus TBC yang memang masih menunjukkan angka yang cukup tinggi. (farid/stv)