Surabaya, (bisnissurabaya.com)  – Badan Intelijen Negara/BIN memberi sejumlah peralatan laboratorium kepada universitas airlangga surabaya untuk penelitian covid-19. Bantuan alat kesehatan dimaksudkan agar dapat menemukan obat yang bisa diproduksi secara massal. Disamping itu, karena unair diyakini memiliki potensi sumber daya manusia yang sangat besar, terutama para peneliti yang memiliki kompetensi dibidang penyakit infeksi.

Pemberian bantuan alat kesehatan ini, Sekretaris Utama BIN, Komjen Pol Bambang Eunarwibowo, mengatakan, situasi perkembangan covid-19 saat ini perlu ditangani dengan cepat. karena itu, diperlukan kerja sama untuk percepatan supaya pandemik ini cepat berakhir. Badan intelijen negara berharap dengan penyaluran bantuan alat-alat ini dapat memunculkan sesuatu yang berharga. Seperti menemukan kandidat obat dan juga vaksin untuk kemudian hari. Selain itu, dapat menghasilkan kerja sama dibidang informasi dan sebagainya.

Rektor Universitas Airlangga, Prof Mohammad Nasih, mengapresiasi, bantuan alat-alat lengkap yang diberikan bin, karena tidak mudah mendatangkan alat laboratorium untuk penelitian ini di tengah pandemik covid-19 saat ini. Sumbangan serangkaian alat laboratorium ini selain diharapkan mampu memberikan percepatan pemeriksaan pada pasien covid-19, juga mampu mencegah kelangkaan reagen untuk tes PCR. Tambahan alat laboratorium ini diharap dapat menambah kapasitas uji swab di rumah sakit unair mencapai 500 sampel per hari. (agung/stv)