Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Suasana berbeda nampak terasa di Rumah Sakit Pelindo Husada Citra atau RS PHC Surabaya Sabtu, (9/5) lalu. Sejumlah tenaga medis mulai perawat hingga dokter nampak berbaris rapi di halaman lobby rumah sakit. Tak hanya sekedar berbaris, beberapa tenaga medis nampak membawa sejumlah bingkisan di tangan mereka.

Moment langka yang dilakukan petugas medis tersebut ternyata bukan tanpa alasan. Para tenaga medis sengaja melakukan aksi tersebut demi bisa memberikan moment spesial bagi 6 pasien Covid-19 yang berhasil sembuh setelah mendapat perawatan intensif oleh tim medis RS PHC Surabaya.

Suasana haru dan suka cita pun tak terelakkan ketika para tenaga medis yang sudah menunggu pasien di lobby memberikan kenang-kenangan berupa bingkisan kepada para pasien yang telah dinyatakan sembuh dan diizinkan pulang.

Salah satu perwakilan keluarga pasien sembuh berusia 73 tahun, asal Klaten, Jawa Tengah/Jateng yang beruntung merasakan moment spesial tersebut mengaku terharu atas perhatian dan sambutan yang diberikan oleh para tim medis kepada pasien sembuh, menurutnya moment tersebut memberikan semangat tersendiri bagi para pasien yang kini masih dalam masa pemulihan pasca sembuh dari Covid-19.

Terlebih sejak dirinya di nyatakan positif Covid-19 dan harus menjalani masa perawatan dan isolasi selama 22 hari di RS PHC, dirinya mengaku mendapat penanganan dan perawatan yang sangat baik dari pihak rumah sakit anak perusahaan Pelindo III tersebut.

“Saya keluarga salah satu pasien yang sembuh mengucapkan banyak terimakasih pada tim medis yang telah melakukan berbagai upaya dan perawatan dalam penanganan yang sangat baik bagi keluarga saya yang positif corona hingga sampai dinyatakan sembuh dari covid-19. Bahkan ketika akan pulang masih di sambut dengan suasana penuh kekeluargaan,” kata perwakilan salah satu pasien sembuh Covid-19.

Direktur Utama RS PHC, Abdul Rofid Fanany, menyampaikan upaya maksimal pihaknya dalam menangani dan merawat para pasien Covid-19 yang sekarang dirawat di RS PHC, pihaknya pun berusaha untuk menghidupkan suasana kekeluargaan antara tim medis dan pasien dalam perawatan sehingga menumbuhkan semangat positif bagi para pasiennya.

”Tidak hanya menggunakan peralatan serta pengobatan terbaik bagi para pasien, kami RS PHC senantiasa menekankan untuk selalu membangun hubungan kekeluargaan antara tim medis kami dengan para pasien khusunya Covid-19. Kami berharap hal tersebut bisa meberikan semangat positif bagi para pasien dalam menjalani perawatan,” ujar Direktur Utama RS PHC.

Disisi lain, dengan ditunjuknya RS PHC Surabaya sebagai salah satu rumah sakit rujukan Covid-19, pihaknya terus berupaya membantu pemerintah dalam hal penanganan pasien covid-19 dengan menyiapkan ruang Isolasi sebanyak 69 kamar. Menyediakan pemeriksaan screening/rapid test melalui layanan drive thru,menyiapkan tim handal khusus penanganan pasien covid dan tempat tinggal karantina sementara untuk petugas medis dan pasien di sekitar RS PHC Surabaya

Terbaru sebagai satu satunya RS BUMN terbesar di Jatim, RS PHC juga telah dilengkaoi Laboratorium Biomolekuler PCR Covid-19 dengan peralatan terbaik di dunia dan telah ditinjau langsung Menteri BUMN Erick Thohir, Sabtu (9/5), laboratoriun tersebut pun akan bermanfaat untuk percepatan pemetaan penyebaran Covid-19 dan penanganannya. (bw)