Bojonegoro,(bisnissurabaya.com) – Wabah covid-19, saat ini masih terus menyebar, hingga menyebabkan kepanikan di sebagian besar masyarakat Bojonegoro. Guna mencegah penyebaran, ratusan pedagang di pasar Kota Bojonegoro yang biasa berjualan dini hari, dilakukan rapid test. Hal ini, dilakukan untuk mengetahui, apakah pedagang tersebut positif atau tidak. Ratusan pedagang di Pasar Kota Bojonegoro dilakukan rapid test oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro.

Rapid test bertujuan untuk memastikan apakah pedagang yang berjualan saat dini hari ini terpapar covid-19 atau tidak. Pelaksanaan rapid test mendapat pengamanan dari Polres Bojonegoro, Dishub, Satpol PP, serta Dinas terkait lainnya. Pelaksanaan rapid test pada pedagang di pasar ini sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19, serta memutus rantai penyebaran. Sebab, pasar merupakan salah satu titik yang memiliki resiko penyebaran covid-19. Karena banyak interaksi dan ada kerumunan massa.

Selain itu, pasar merupakan klaster yang rentan penyebaran virus. Untuk itu, Dinas Kesehatan bekerjasama dengan petugas pengamanan terkait melakukan rapid test terhadap pedagang, mengingat Bojonegoro sudah masuk zona merah. Pedagang dihimbau tetap mengikuti anjuran pemerintah dan protokol kesehatan. Yakni, pola hidup bersih, jaga jarak, serta selalu memakai masker. Sementara, hasil rapid test akan diumumkan oleh dinas terkait. (mulyanto/stv)