Lamongan, (bisnissurabaya.com) -Bantuan untuk masyarakat yang terdampak pandemi Corona atau Covid-19 di Lamongan mulai dicairkan. Kali ini bantuan berupa Bantuan Sosial Tunai/BST oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kota Soto ini terus dicairkan secara bertahap.

BST ini merupakan program dari Kementerian Sosial (Kemensos) yang ingin meringankan beban bagi warga yang terdampak pandemi Covid-19. Masyarakat diharapkan terbantu dengan terjadinya pandemi ini.

Bantuan Kemensos kepada masyarakat terdampak Covid-19 ini diberikan kepada 42.804 Keluarga Penerima Manfaat/KPM di Lamongan. Dari sejumlah 42.804 KPM tersebut, sudah 42.599 yang dicairkan. Sementara 205 KPM menunggu verifikasi data dari Kemensos.

Di Lamongan sendiri, BST senilai Rp 600.000 per bulan rencananya diberikan selama tiga bulan ini disalurkan melalui PT Pos Indonesia, Bank BRI, BNI, Mandiri dan BTN. BupatiLamongan Fadeli meninjau penyalurannya di PT Pos Indonesia Lamongan, Kamis (7/5). Dia meminta dalam penyampaiannya tetap memperhatikan protokol kesehatan, yaitu memakai masker dan physical distancing.

Dari sekian jumlah penerima, sebanyak 30.630 BST disalurkan melalui PT Pos Indonesia Lamongan. Penyampaiannya dilakukan bertahap selama periode pembayaran 7-15 Mei 2020.

Bantuan BLT dari Kemensos itu menurut Bupati akan diterima masyarakat Lamongan selama tiga bulan berturut-turut yang terhitung mulai bulan April, Mei dan Juni 2020 ini.

“Masing-masing KK akan mendapat bantuan senilai Rp 600.000 per bulan selama tiga bulan. Kami harapkan dapat dipergunakan dengan baik,” tutupnya. (sam)